Header Ads



  • Breaking News

    9 KOMPONEN KEWARGAAN DIGITAL


    1.      [Digital Access]Akses Digital : Seluruh warga negara memiliki kemampuan untuk dapat memiliki akses untuk menggunakan internet. Penggunaan internet pada era sekarang ini bukan merupakan suatu kebutuhan tersier atau sekunder, namun sudah termasuk dalam kebutuhan primer. Keberhasilan mendapatkan akses internet di tandai dengan cepat atau lambatnya akses yang di terima, ada tiga hal yang mempengaruhi cepat atgau lambatnya akses yaitu :
    ·           Faktor ekonomi, seperti hukum ekonomi yang berlaku bahwa semakin besar biaya yang di keluarkan maka akses yang di peroleh semakin cepat.
    ·           Faktor letak georgrafis, Keberadaan kita ketika mengakses juga sangat mempengaruhi.
    ·           Faktor cuaca, faktor ini sangat tidak bisa di prediksi, seperti bencana alam, hujan, angin dapat memperlambat akses yang kita punyai meski kapasitas kecepatan dengan pembiayaan yang mahal.


    2.       [Digital Commerce]Transaksi Digital : Dengan adanya teknologi informasi yang sangat baik, maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam menggunakan pasar e-commerce yang ada di Indonesia. Transaksi yang dilakukan mengarah pada otentikasi dan penggunaan media teknologi berbasis informasi. Bahkan menurut penelitian geliat pasar online serba digital ini ternyata lebih menggairahkan perekonomian baik nasional maupun internasional. Aplikasi jual beli dengan sistem skuritas terjamin sangat menjamur untuk diikuti, tidak hanya jual beli saja namun simpan pinjam juga mulai mewabah di dunia maya saat ini.

    3.       [Digital Communication]Komunikasi Digitial : Tujuan dasar di kembangkannya teknologi informasi adalah sebagai mediakomunikasi yang sangat memudahkan, kecepatan akses dan kejernihan suara maupun gambar sangat menguntungkan pengguna. Teknologi yang berkembang secara pesat dimulai dengan kehadiran SMS(Short Message Service) yang bahkan sampai saat ini masih dipergunakan sebagain masyarakat.  Saat sekarang real time dalam berkomunikasi juga sangat mengasikkan untuk terus diikuti perkembangannya. Penyampaian pesan kepada orang lain meskipun dengan jarak ayng jauh seolah-olah bisa seperti dalam ruang dan tempat yang sama. Contoh aplikasi familier yang digunakan saat inin adalah : Whatsapp, Instagram, Skype dll.

    4.       [Digital Literacy]Literasi Digital :Literasi digital merupakan proses pembelajaran mengenai teknologi dan pemanfaatannya. Menghadapi munculnya berbagai teknologi baru sebagai warga digital, diharapkan dapat segera menyesuaikan sehingga tidak terpaku pada satu jenis teknologi yang sudah ada. Selalu mempertimbangkan dengan cerdas media yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi guna untuk mendapatkan pertukaran informasi yang ada


    5.       [Digital Law]Hukum Digital : Berguna untuk mengatur seluruh masyarakat digital dengan mengatur etiket digital yang digunakan. Semua data yang di unggah ke dunia maya memiliki kekuatan hukum, sehingga tidak sembarang orang memperlakukan unggahan tersebut sesuai keinginannya. Adanya kekuatan hukum didunia maya yang di tuangkan dalam undang-undang tentu saja memberikan rasa nyaman terhadap warga digital yang mengunggah data tersebut, sehingga teknologi yang digunakan akan dapat memberikan jaminan terhadap seluruh penggunanya.

    6.       [Digital Right]Hak Digital : Semua orang akan memiliki hak yang sama ketika mengakses dunia digital seperti mendapat jaminan privasi, berdiskusi dan mengunggah file text, file gambar maupun file video serta kebebasan untuk mengutarakan suatu pendapat. Namun kebebasan berpendapat bukan berarti sebebas-bebasnya, tetap saja ada batasan-batasan sehingga tidak merugikan orang lain, dengan kata lain tetap saja harus ada sikap tenggang rasa terhadap pengguna lain.

    7.       [Digital Etiquette]Etiket Digital : Seringkali pengguna teknologi digital tidak memahami bahkan tidak memedulikan etiket dalam penggunaan teknologi. Banyak pihak yang memanfaatkan konsep, produk, atau layanan digital tanpa memedulikan aturan serta tata krama penggunaannya. Walaupun dalam dunia digital para pengguna tidak saling bertatap muka, seringkali mereka melupakan bahwa di balik setiap posting, di balik setiap akun, terdapat pengguna lainnya yang dapat tersinggung jika melanggar tata krama. Etiket digital bertujuan untuk menjaga kenyamanan perasaan pengguna lainnya. Contoh : ketika menggunakan file harus mencantumkan sumbernya.
    8.        [Digital Health]Kesehatan Digital : Penggunaan perangkat digital tentu saja memberikan dampak kurang baik di sisi kesehatan, intensitas dalam penggunaan sangat berpengaruh baik secara fisik maupun psikis. Pengguna harus memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan yang digunakan pada dunia digital seperti mata,otak,  telinga dan badan.

    9.       [Digital Scurity]Keamanaan Digital : Faktor keamanan menjadi isu yang sangat penting di dunia komunikasi digital. Dalam dunia nyata, kita membangun pagar, mengunci pintu, menambahkan alarm di rumah kita dengan alasan keamanan. Hal yang sama juga perlu diterapkan dalam dunia digital, seperti meng-install antivirus, firewall, mem-backup data, dan menjaga data sensitif seperti username dan password. Memiliki kemampuan dalam menjaga setiap resiko yang ada dalam seluruh keamanan yang ada. Seperti dalam hal ini melakukan backup data.


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728