Header Ads



  • Breaking News

    KONSEP IDE DAN GAGASAN DALAM SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

    IDE DAN GAGASAN

    Setiap manusia akan menghadapi sebuah permasalahan, baik itu suatu permasalahan yang baik ataupun permasalahan yang kurang baik. Dari permasalahan itu sendiri akan timbul dalam pikiran untuk memecahkan atau membuat solusi dari masalah itu sendiri. Bisa saja pemecahan masalah itu dilakukan dengan spontan atau dengan pemikiran yang memerlukan jangka waktu yang lama, semua itu tergantung dengan kompleksitas suatu permasalahan tersebut. Banyak sekali contoh dalam pemecahan suatu masalah, salah satu contohnya adalah ketika kita menghadapi suatu kondisi ketika menggunakan komputer kemudian kita merasakah kinerja komputer semakin melambat, dari permasalah tersebut jika kita adalah sesorang
    yang mengerti tentang teknologi informasi mungkin akan cepat sekali memecahkan permasalahan yang terjadi,karena kita punya bayangan dengan apa yang kemungkinan kita lakukan untuk mencari jalan keluar agar komputer bisa digunakan sebagaimana mestinya, lantas jika kita tidak mengerti seluk beluk teknologi informasi, apakah kita akan cepat mencari solusi dengan keadaan tersebut? Tentu saja tidak secepat jika kita mengerti hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, meskipun akan mendapat solusi sekalipun. Dari perbandingan di atas IDE mempunyai makna rancangan dari hasil pemikiran baik secara spontn maupun dengan pemikiran yang lama untuk memecahkan suatu permasalahan yang di hadapi. Tingkat kecerdasan, tingkat kedewasaan dan daya analisis sangat mempengaruhi kemampuan mengeluarkan sebuah ide. IDE atau gagasan mempunyai beberapa manfaat, antara lain:
    1. Membantu memecahkan masalah 
    2. Memberikan kontribusi positif untuk diri sendiri dan orang lain 
    3. Memberikan wacana pembaruan dan ilmu pengetahuan serta menambah keterampilan 
    4. Memotivasi orang lain 

    SIMULASI 
    Dalam kamus bahasa Indonesia arti simulasi adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya atau penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan. Sering kita temui sebelum melakukan suatu hal yang sebenarnya, sering dilakukan terlebih dahulu sebuah simulasi yang memperagakan gerakan, keadaan dan peralatan yang menyerupai yang sebenarnya. Dengan begitu ketika melakukan pekerjaan atau aktifitas nyata sudah mempunyai bayangan untuk kemudian di relisasikan sesuai dengan tujuan kegiatan atau aktifitas tersebut. 

    KOMUNIKASI 
    Komunikasi mempunyai arti pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, contohnya ada dua orang berhadapan yang orang pertama menanyakan arah jalan, orang kedua mendengar dan mengerti maksud dari orang pertama, kemudian orang kedua menyampaikan arah jalan yang ditanyakan, dan akhirnya si orang pertama paham penjelasan dari orang kedua tersebut. Komunikasi juga punya peran penting dalam penyampaian ide kepada orang lain, agar ide tersebut dapat di terima untuk keudian di implementasikan untuk pemecahan masalah itu sendiri, karena baik dan buruknya solusi juga terpengaruh bagus dan tidaknya dalam mengkomunikasi ide tersebut. Artinya disini bahwa komunikasi yang baik akan mempunyai solusi yang baik, begitu juga sebaliknya. 

    DIGITAL 
    Semakin majunya jaman, semakin maju pula perkembangan teknologi yang ada di muka bumi ini, kemudahan-kemudahan yang di peroleh dari perangkat saat ini sangat membantu untuk meringankan pekerjaan manusia. Perangkat teknologi yang serba digital lebih mempunyai hasil maksimal di bandingkan perangkat analog, semua itu dikarenakan banyaknya fitur-fitur pendukung yang dapat menghasilkan kerya terbaik meski hal tersebut tidak terjangkau kemampuan si pengguna dan tetap bisa membuat hasil yang tidak kalah dengan hasil dari orang yang punya kemampuan berlebih. Akan tetapi semua itu juga dipengaruhi daya imajinasi dan kreatifitas seseorang.


    Konsep Ide dan gagasan dalam SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL adalah cara membuat komunikasi dan interaksi antar pengguna menjadi lebih mudah karena keberadaan perangkat digital dalam bentuk simulasi.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728