Header Ads



  • Breaking News

    Apa yang harus kita ketahui tentang Corona Virus(COVID-19)?

    Wabah koronavirus yang dimulai di Wuhan, Cina pada Desember 2019, telah merebak menjadi pandemi COVID-19. Sekarang, virus yang menyebabkan penyakit ini, SARS-CoV-2, telah menginfeksi lebih dari 2 juta orang dan membunuh hampir 140.000 orang pada tanggal 16 April 2020.
    FAQ ini memberikan dasar-dasar apa itu coronavirus, bagaimana penularannya dan bagaimana Anda dapat melindungi diri sendiri.

    Apa itu coronavirus?
    Coronavirus adalah keluarga virus yang biasanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti flu biasa tetapi juga infeksi yang lebih parah (dan berpotensi mematikan). Mereka adalah penyakit zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia.

    Penyakit parah apa yang disebabkan oleh coronavirus?
    Sebuah coronavirus yang berasal dari Cina menyebabkan wabah Sindrom Pernafasan Akut Parah pada tahun 2003. Coronavirus lain muncul pada tahun 2012 di Saudia Saudi menyebabkan Sindrom Pernafasan Timur Tengah.
    Gejala apa yang biasanya disebabkan oleh coronavirus? Seberapa parah gejala dalam wabah saat ini?
    Tanda-tanda umum infeksi termasuk pilek, batuk, demam, sakit tenggorokan dan sesak napas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

    Mengapa ini disebut coronavirus?
    Coronavirus dinamai setelah kata Latin corona, yang berarti "mahkota" atau "halo," karena mereka memiliki "paku seperti mahkota di permukaannya," menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS.

    Bagaimana coronavirus ditularkan di antara orang-orang?
    Coronavirus biasanya ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan dan kontak dekat.

    Bagaimana saya bisa melindungi diri terhadap virus korona?
    Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan untuk menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin; menutupi mulut dan hidung Anda saat batuk dan bersin; mencuci tangan secara teratur, dan memasak daging dan telur secara menyeluruh untuk melindungi diri Anda dari infeksi dan membatasi penyebaran virus.

    Perawatan apa yang ada untuk coronavirus?
    Saat ini, tidak ada vaksin berlisensi atau agen terapeutik untuk pencegahan atau pengobatan coronavirus meskipun penelitian terhadap antivirus potensial sedang berlangsung.

    Haruskah saya menghindari bepergian ke tempat-tempat yang terkena dampak wabah?
    WHO telah menyatakan wabah COVID-19 saat ini sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Karena ini adalah situasi yang berkembang pesat, WHO merekomendasikan bahwa para pelancong yang sakit menunda atau menghindari bepergian ke daerah yang terkena dampak dengan transmisi COVID-19 yang berkelanjutan. Ini sangat penting untuk pelancong yang sudah lanjut usia dan orang-orang dengan penyakit kronis atau kondisi kesehatan yang mendasarinya. WHO belum merekomendasikan pembatasan perjalanan atau perdagangan; rekomendasi terbarunya menyarankan wisatawan internasional untuk "mempraktikkan tindakan pencegahan biasa."  Namun, CDC AS merekomendasikan agar para pelancong menghindari semua perjalanan yang tidak penting ke daerah-daerah dengan transmisi yang tersebar luas dan berkelanjutan seperti Cina, Italia, Korea Selatan, Jepang, dan Iran.

    Apakah ada vektor hewan yang dikenal untuk wabah saat ini?

    Wabah di Wuhan, Cina telah dikaitkan dengan pasar makanan laut dan hewan yang besar, menunjukkan kemungkinan asal zoonosis terhadap wabah tersebut. Namun, belum ditentukan kepastian untuk wabah saat ini.


    Source :

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728