Header Ads



  • Breaking News

    WARGA DIGITAL

    Warga Digital adalah orang - orang yang bergabung dan berperan baik aktif mauun secara pasif dalam sebuah hubungan komunikasi digital . Mereka bersosialisasi, berinteraksi dengan orang lain serta berdiskusi tentang suatu hal dengan menggunakan peralatan digital. Prinsipnya bahwa warga digital itu adalah para pengguna teknologi digital yang telah mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi bidang informasi tersebut. 


    Berdasarkan tindakannya, kategori warga digital dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu :

    1. Warga digital yang memberikan dampak positif bagi orang lain, artinya kategori in mempunyai komunikasi dalam pergaulannya selalu memperhatikan etika  yang baik, memperhatikan norma perilaku dalam komunikasi dengan siapapun dan juga bertanggung jawab terhadap yang dilakukannya. Contohnya : Menulis turorial, penggunaan google drive dsb.
    2. Warga digital yang menimbulkan efek negatif bagi orang lain mempunyai kecenderungan beraktivitas di komunitas digital terlalu bebas, kebanyakan dari mereka adalah mencari keuntungan secara pribadi tanpa memikirkan efek yang terjadi di kemudian hari. Contohnya adalah penipuan di online trading, menyebarkan virus, menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya dsb.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728