Header Ads



  • Breaking News

    LOGIKA DAN ALGORITMA

    LOGIKA 

    Manusia dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk lain. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran atau disebut Logika, logika ini sendiri berasal dari bahasa Yunani Logos, yang artinya adalah hasil pemikiran yang berupa kata-kata, tulisan maupun lesan. Untuk sifat dari logika adalah logis yang sering diartika dalap diterima oleh akal pikiran manusia. Salah satu bagian ilmu filsafat ini menekankan pemikiran yang tepat, akurat serta sistematis. Logika juga menjadi modal awal terciptanya kecerdasan buatan atau di sebut artificial itelligent. 


    Manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika antara lain sebagai berikut. 
    1. Dapat berpikir dengan menggunakan asas-asas sistematis. 
    2. Membuat daya pikir menjadi lebih tajam, dan menjadikannya lebih berkembang. 
    3. Berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi. 
    4. Dapat menghindari kesesatan bernalar. 

    Dalam beberapa penelitian didapati bahwa otak kiri menunjukkan kemampuan analisis berpikir, membuat logika, dan penghitungan, sedangkan otak kanan cenderung membantu menarik kesimpulan setelah menerapkan logika yang dibangunnya. 

    Salah satu fungsi logika adalah sebagai alat untuk menarik kesimpulan, penalaran untuk penarikan kesimpulan itu sendiri dibedakan menjadi dua jenis : 
    1. Deduktif Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang umum ke khusus. 
    2. Induktif Penarikan kesimpulan yang bergerak dari pernyataan benar yang khusus ke umum. 


    ALGORITMA 

    Setelah mempelajari logika yang terkait tentang “bagaimana manusia berpikir dengan benar”, selanjutnya akan membahas tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik”. Untuk mendapatkan cara penyelesaian yang baik dibutuhkan strategi atau langkah-langkah yang sistematis agar dapat memecahkan masalah dengan baik. Meneruskan tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik” sangat diperlukan adanya sebuah Algoritma sebelum melakukan penyelesaian tersebut, Algoritma berasal dari kata ‘Algorism’ yang berarti cara memecahkan dan menguraikan setiap permasalahan menggunakan alur emikiran yang sistematis dan logis. Dalam pemrograman arti Algoritma tidak jauh berbeda dari arti secara harafiah yaitu serangkaian langkah-langkah yang disusun menjadi urutan logis kegiatan untuk mencapai tujuan. Dari sini sangat kelihatan hubungan antara Logika dan Algoritma yang tidak bisa di pisahkan. Setiap manusia yang akan melakukan sesuatu tentu saja akan memilih mana saja yang harus di dahulukan sesuai dengan alur yang logis. 

    Salah satu cara mengkomunikasikan Algoritma adalah dengan menggunakan FLOWCHART (Bagan Alir) yang artinya bagan yang menunjukkan aliran atau runtutan data yang terjadi dalam program secara logika. 

    Aturan penyusunan sebuah flowchart adalah sebagai berikut : 
    1. Penyusunan simbol di mulai dari atas ke bawah, dari kiri ke kanan dari suatu halaman 
    2. Setiap proses dalam simbol harus dilengkapi nama dan ativitas yang lengkap 
    3. Setiap bagan alir harus di awali dengan simbol STAR atau Mulai dan di akhiri dengan simbol END atau selesai. 
    4. Setiap proses harus ada Input dan menghasilkan Output. 
    5. Kegiatan yang terpotong akan di sambungkan di tempat lain harus di tunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung. 
    Sedangkan untuk bagian, flowchart mempunya 5 bagan penting :
    1. System Flowchart (Bagan alir Sistem) menjelaskan urutan setiap prosedur yang terdapat pada sistem. 
    2. Document Flowchart (Bagan alir dokumen) menunjukkan arah aliran data laporan dan formulir pada subprogram atau proses. 
    3. Schematic Flowchart (Bagan alir skematik) memiliki kemiripan dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan sekema aliran data pada prosedur di dalam sistem. 
    4. Program Flowchart (Bagan alir program) berguna untuk melakukan analisis sistem dengan menggambarkan proses. 
    5. Process Flowchart (Bagan alir proses) merupakan bagan yang sering di gunakan dalam aliran proses pada teknik industri. 


    Daftar Pustaka :
    Cahaya Kusuma Ratih, Ilham PP. (2017)Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital : Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Andi Novianto, (2018) Simulasi dan Komunikasi Digital : Penerbit Erlangga

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728