Header Ads



  • Breaking News

    PENDIDIKAN DI ERA PANDEMI COVID-19



    Sudah berkali-kali mendapat pertanyaan, hal apa yang saat ini sangat mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan masyarakat dunia? Jawaban massal akan mengarah kepada kondisi pandemi covid-19 yang mewabah di hampir semua belahan dunia. Seberapa pengaruhnya sangat terlihat dari apapun yang dilakukan manusia baik secara terstruktur maupu secara spontan, acuan awalnya pasti karena kondisi pandemi tersebut. Rencana yang sudah di rancang diawal kegiatan harus di belokkan secara mendadak hanya karena menghindari hal-hal yang lebih fatal terhadap berlangsungnya kehidupan didunia ini, atau justru karena tidak memungkinkan memilih jalan pembatalan rencana yang sudah matang tersebut. Tidak sedikit pula tetap dijalankan sesuai rencana namun dengan waktu yang berbeda atau jangka waktu pelaksaan yang diundur entah sampai kapan. Beberapa sektor mengalami penurunan aktifitas maupun hasil akhir terutama sektor yang bergerak dibidang komersial. Banyak kita lihat di beberapa media masa baik cetak maupun elektronik, media sosial atau yang sejenisnya memberitakan suatu kondisi negara secara massal sedang mengalami goncangan yang berakibat defisit di beberapa negara karena pengeluaran yang besar untuk memrangi pandemi ini tidak sebanding dengan pemasukan yang mana hal tersebut tergantung dari aktifitas yang tidak memungkinkan di lakukan di tengah kondisi seperti ini.

    Lantas apakah dunia pendidikan juga mengalami hal yang sama? Menjadi rahasia umum bahwa pendidikan mengalami pergeseran sistem kegiatan belajar mengajar karena kondisi sekarang ini, sistem konvensional dengan bertatap muka sekarang tidak di berlakukan lagi hanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena himbauan social distancing yang mengharuskan dalam interaksi dengan masyarakat harus menjaga jarak, agar penyebaran virus tidak terus berkembang. Kegiatan belajara mengajar di ubah dengan belajar jarak jauh menggunakan perangkat digital yang kompatibel atau dengan istilah komunikasi dalam jaringan. Sebenarnya kegiatan yang terkesan baru ini tidak hanya didalam pendidikan saja, kegiatan yang bersifat kelompok berbentuk forum juga mayoritas melakukan hal yang sama. Anjuran untuk kerja dari rumah atau istilah trennya Work From Home (WFH) dan untuk siswa Learn From Home mengharuskan kita tetap melakukan aktivitas seperti biasa, hanya saja sifatnya virtual atau didalam dunia maya saja. Kebetulan penawaran aplikasi sudah membanjiri web atau playstore, pilihan masing-masing juga sudah sesuai dengan kebutuhan, salah satu penyedia yang bersifat interaktif layaknya aplikasi social media, ada Edmodo, Google Classroom, Schoology dan sebagainya, setiap jenis aplikasi program mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung bagaimana penggunaan aplikasi tersebut untuk menunjang guru dan murid dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Kemudian ada juga palikasi yang sifatnya komuniaksi sinkron dengan menampilkan video live antar pengguna, aplikasi ini mungkin lebih efisien dalam menyamoaikan materi karena antar murid dan guru bisa berkomunikasi layaknya komunikasi secara verbal di kelas secara nyata. Banyak macam aplikasi seperti ini yang sudah mulai di gunakan kegiatan belajar mengajar dimasa-masa seperti ini, secara garis besar berdasarkan pertanyaan secara random penggunaan Aplikasi Zoom Meeting, Duo dan Hangouts lebih banyak dipakai, beberapa alasan yang mendasari karena kapasitas aplikasi yang ringan, penggunaan juga sangat mudah bagi siapapun.


    Sebenarnya peralihan pembelajaran karena dampak virus ini memiliki banyak kendala, mungkin karena kurang siapnya dunia pendidikan menghadapi era globalisasi apalagi ditambah keputusan mendadak yang harus dijalankan seperti saat serang ini. Kegiatan belajar mengajar secara dari atau online tidak semulus yang di rencanakan. 

    Penggunaan teknologi oleh semua kalangan masih sebatas untuk komunikasi dan sekedar mencari hiburan saja, terlihat di sana sini sangat gagap menghadapi transisi yang mendadak ini, bisa di simpulkan banyak faktor yang sangat mempengaruhi kenapa kegiatan dengan menggunakan teknologi tidak berjalan secara lancar, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

          1.       Kemampuan dalam penguasaan teknologi
    Banyak orang yang masih acuh dengan manfaat penggunaan teknologi dalam kegiatan apapun, keinginan belajar terhadap kemajuan teknologi juga sangat mempengaruhi seseorang bisa mengikuti perkembangan jaman atau tidak. Jaman sekarang gagap teknologi justru mempunyai persentase yang lebih banyak, dikarenakan literasi digital yang berhenti di tengah jalan, maka dari itu menghadapi situasi sepeti ini seperti mengalami jalan ditempat sistem pendidikan sekarang.

          2.       Perangkat teknologi yang dimiliki
    Bisa juga karena faktor ekonomi mempengaruhi kemampuan kepemilikan teknologi penunjang pembelajaran online seperti ini, tidak hanya siswa, gurupun juga mengalami hal yang sama. Tentu saja perangkat yang belum kompatibel justru akan menimbulkan masalah baru yaitu  kegiatan belajar mengajar yang tersendat.

          3.       Internet
    Di indonesia layanan internet masih ketinggalan dibanding dengan negara lain, penggunaan internet di jam-jam primer juga terkesan melambat dan terkadang juga akses mengalami down. Makin terasa ketika kegiatan belajar mengajar sistem online dengan waktu pengerjaan tugas yang hampir bersamaan ,bisa dipastikan kelihatan tersendat kegiatan tersebut di karenakan kemampuan dari internet di Indonesia yang kurang mumpuni.

          4.       Biaya
    Di Indonesia pembiayaan dibidang internet termasuk mahal, karena untuk internet meski sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian kalangan masyarakat di indonesi, namun untuk bisa agar bisa tersambung dengan internet terkesan kalau penggunaaan internet seperti penggunakan barang tersier.

    Namun disini kita juga harus dituntut untuk tetap melakukan kegiatan segala hal sesuai dengan jaman yang serba digital, mau tidak mau semua harus bertransisi ke hal-hal berbau digital. Mungkin ini saatnya sem,ua harus memaksakan diri untuk bisa melakukan hal yang sama.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728