Header Ads



  • Breaking News

    Penghargaan terhadap suatu hasil


    Besar atau kecilkah jawabannya?

    Ada jawaban yang valid atau tidak, jika yang besar selalu mempunyai keunggulan dengan yang lebih kecil? Sebenarnya itu bukanlah jaminan yang selama ini dikedepankan, akan tetapi kondisi masyarakat disini secara tidak langsung menumbuhkan hal – hal semacam itu. Kembali kepada budaya orang – orang indonesia itu sendiri yang lebih percaya dan selalu menjalani alur hal – hal yang berdasarkan akan mitos, namun sekali lagi itu bukan keseluruhannya, disini berbicara kebanyakan orang saja. Yang terjadi jaman dulu merupakan suatu kebenaran untuk saat ini tanpa dianalisis terlebih dahulu.

    Sebuah penghargaan senantiasa diberikan sangat berbeda kepada perorangan ataupun masyarakat meski mempunyai nilai lebih hanya karena berasal dari sebuah masyarakat lingkup kecil yang terasa kurang bahkan tidak sama sekali familiar atau dengan kata lain tempat asal tersebut berkapsitas kecil dibanding sesuatu yang bernilai kurang namun mereka berasal dari status yang berkebalikan, atau yang lebih memprihatinkan yaitu punya kecenderungan dipandang lebih unggul karena hal – hal yang menyangkut seperti itu.

    Bahkan dalam meraih titik tertinggi dalam hal ini adalah penciptaan karya mempunyai perbandingan dua dibanding satu, dua untuk kelompok masyarakat kecil dan satu untuk kelompok masyarakat besar, maksud hal tersebut sangat jelas, kelompok kecil bisa meraih titik sama dengan kelompok besar jika sudah meraih dua nilai, sedangkan kelompok besar cukup satu kali dalam peraihan nilai tersebut, selanjutnya ada ganjalan disini yaitu kapan masyarakat atau kelompok kecil akan mencapai nilai titik tertinggi? Jika aturan tidak resmi tersebut masih selalu berlaku dan masyarakat masih berpikiran stagnant seperti itu?



    Tidak pernahkah beberapa diantara mereka memaknai arti dari sebuah contoh negara Korea selatan dapat mempecundangi Jerman di Piala Dunia 2018, disitu jelas sekali terlihat sebuah masyarakat kecil bahkan sama sekali tidak tenar sekalipun hanya mungkin karena berasal dari tempat kecil bisa mengalahkan negara sebesar Jerman yang mempunyai supremasi sepakbola tingkat dunia yang disini tentu saja berasal dari sebuah masyarakat besar yang berkapasitas besar pula dengan segenggam ketenaran karena keberadaannya diluar sepakbola.

    Marilah kita renungkan sejenak tentang hal itu, sebenarnya nilai sesuatu itu berasal dari mana, apakah karena besar kecilnya sesuatu tersebut atau berasal dari manakah sesuatu tersebut, atau bahkan karena prestasi besar dan prestasi kecil dari sesuatu tersebut? Mungkin jawaban yang sering muncul dipermukaan adalah jawaban yang terakhir, namun dalam keseharian prakteknya sangat tidak sesuai dengan jawaban tersebut. Sebenarnya tidak ada yang salah dalam hal ini, dan tidak salah pula untuk mencoba menilai sesuatu berdasarkan kapasitas keseluruhan tanpa melihat dari latar belakang kelompok masyarakat tertentu, tapi hasil akhir yang dimunculkan.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728