Header Ads



  • Breaking News

    TEKNOLOGI KOMPUTER MASA DEPAN









    | LOGAMEDIA | Komputer modern dapat ditemukan di mana-mana: rumah, kantor, bisnis, rumah sakit, dan sekolah. Masyarakat kontemporer telah menjadi sangat tergantung pada komputer sehingga banyak orang menjadi frustrasi dan tidak dapat berfungsi ketika komputer "mati". Karena ketergantungan ini, komputer dianggap sebagai alat penting untuk semuanya, mulai dari navigasi hingga hiburan.

    Komputer saat ini lebih kecil, lebih cepat, dan lebih murah daripada pendahulunya. Beberapa komputer seukuran setumpuk kartu. Asisten Data Pribadi genggam dan komputer notebook atau "lampu ultra" membuat pengguna mudah dibawa dan memberi mereka kesempatan untuk bekerja di berbagai tempat. Sistem ini menyediakan berbagai konektivitas dan akses ke informasi di jaringan lokal, luas, dan nirkabel. Ini memberi pengguna lebih banyak kenyamanan dan lebih banyak kendali atas waktu mereka.

    Komputer masa depan berjanji untuk menjadi lebih cepat daripada komputer saat ini dan lebih kecil dari setumpuk kartu. Mungkin mereka akan menjadi seukuran koin dan menawarkan fitur "pintar" atau kecerdasan buatan seperti kecerdasan ahli, fitur pengenalan pola jaringan saraf, atau kemampuan bahasa alami. Kemampuan ini akan memungkinkan pengguna untuk lebih mudah berinteraksi dengan sistem dan secara efisien memproses sejumlah besar informasi dari berbagai sumber: faks, email, Internet, dan telepon. Sudah terbukti adalah beberapa aplikasi canggih untuk teknologi komputer: komputer yang dapat dipakai, komputer DNA, perangkat realitas virtual, komputer kuantum, dan komputer optik.

    KOMPUTER YANG DAPAT DIPAKAI
    Apakah komputer yang dapat dipakai di masa depan Anda? Dengan menyusutnya perangkat keras dan menjadi lebih kuat dan lebih mampu melaksanakan instruksi dan melakukan perhitungan dalam jangka waktu yang lebih pendek, sangat mungkin bahwa akan ada banyak penggunaan sistem yang dapat dipakai di masa depan. Perangkat yang dapat dipakai didefinisikan sebagai sistem tanpa tangan dengan pemroses data yang didukung oleh tubuh pengguna daripada permukaan eksternal. Unit ini mungkin memiliki beberapa komponen (kamera, panel sentuh, layar, keyboard yang terpasang di pergelangan tangan, layar yang dikenakan di kepala, dan sebagainya) yang bekerja bersama untuk membawa teknologi ke masalah situasional dan lingkungan.

    Lingkungan perakitan dan perbaikan sangat cocok untuk teknologi yang dapat dikenakan karena mereka menyebarkan pengguna dengan keahlian teknis ke area masalah. Komputer yang dapat dikenakan memungkinkan pengguna untuk menjaga tangan mereka bebas setiap saat sambil memberikan akses ke spesifikasi teknis dan instruksi terperinci untuk pemecahan masalah dan pemecahan masalah. Di masa depan, pakaian yang dapat dikenakan bahkan dapat dibangun ke dalam kain pakaian. Garmen dapat dibuat menggunakan tekstil konduktif dan non-konduktif seperti organza dan benang, tali pengikat, dan elemen sulaman. Kain biasa dapat dihubungkan ke komponen elektronik untuk menambah fungsionalitas dan kegunaan. 

    KOMPUTER BERBASIS DNA
    Dapatkah molekul kecil seperti DNA digunakan sebagai dasar untuk perangkat komputasi baru? Seorang ahli biologi dan matematika bernama Leonard Adelman pertama kali menghubungkan genetika dan teknologi komputer pada pertengahan 1990-an. Adelman membuat kode masalah menggunakan empat nukleotida yang bergabung untuk membentuk DNA dan menemukan bahwa solusi DNA itu akurat.
    Komputer berbasis DNA akan sangat berbeda dari komputer konvensional. Alih-alih menyimpan data pada chip silikon, mengubah data menjadi notasi biner (0s dan 1s), dan melakukan perhitungan pada digit biner, komputasi DNA akan bergantung pada data yang ditemukan dalam pola molekul dalam untai DNA sintetis. Setiap untai mewakili satu kemungkinan jawaban untuk masalah tersebut. Serangkaian helai dibuat sehingga semua jawaban yang masuk akal dimasukkan. Untuk menemukan solusi, komputer DNA menundukkan semua untai secara simultan ke serangkaian reaksi kimia yang meniru perhitungan matematis.
    Keuntungan dari komputasi DNA adalah ia bekerja secara paralel, memproses semua kemungkinan jawaban secara bersamaan. Komputer elektronik hanya dapat menganalisis satu jawaban potensial pada suatu waktu. Masa depan memiliki kemungkinan besar karena komputer berbasis DNA dapat digunakan untuk melakukan aplikasi pemrosesan paralel, sidik jari DNA, dan penguraian informasi strategis seperti data perbankan, militer, dan komunikasi.

    PERANGKAT REALITAS VIRTUAL
    Virtual reality (VR) membenamkan penggunanya dalam dunia simulasi kemungkinan dan tindakan. Di dunia virtual, pengguna memiliki kemampuan (melalui display yang dipasang di kepala, sarung tangan, dan jas tubuh) untuk merespons stimulasi sentuhan. Pengguna memanipulasi objek, memeriksa rendering arsitektur, dan berinteraksi dalam suatu lingkungan sebelum menjadi realitas fisik. Ini seringkali sangat hemat biaya, dan mendukung tugas pengambilan keputusan. VR sering digunakan dalam situasi pemodelan, tetapi masa depannya menjanjikan di bidang lain: pendidikan, pemerintah, kedokteran, dan penggunaan pribadi.
    Dalam pendidikan, siswa dan guru mungkin memiliki kemampuan untuk berinteraksi di dalam ruang kelas virtual untuk mengeksplorasi ide, membangun struktur pengetahuan, dan melakukan eksperimen tanpa risiko, takut akan kegagalan, atau keterasingan. Kantor pemerintah dapat menggunakan teknologi VR untuk meningkatkan layanan, memberikan layanan kesehatan yang lebih baik (gejala model, perkembangan, dan pencegahan), dan memantau perubahan lingkungan dalam kualitas udara, lahan basah, lapisan ozon, dan area ekologis lainnya (populasi hewan dan kehutanan).

    Area medis dapat menggunakan VR untuk melatih dokter magang dan praktek dokter tentang prosedur dan peralatan baru; amati produksi jaringan internal dalam tiga dimensi (3-D); mengumpulkan dan menganalisis gambar medis dengan lebih baik; mensimulasikan prosedur bedah dan invasif; dan memberdayakan terapis untuk menggunakan terapi eksposur bersama dengan model realistis. Teknologi VR juga dapat digunakan untuk menambah permainan instruksional, film 3-D, dan upaya komunikasi dan konferensi real-time.

    KOMPUTER KUANTUM
    Aplikasi pertama teori kuantum dan komputer terjadi pada 1981 di Argonne National Laboratory. Komputer kuantum, seperti sistem komputasi konvensional, diusulkan sebelum perangkat keras yang mendukung ada. Pada tahun 1985, sebuah komputer paralel kuantum diusulkan. Saat ini, fisikawan dan ilmuwan komputer masih berharap bahwa ketidaktepatan partikel subatomik dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang sejauh ini tetap belum terpecahkan.
    Komputer kuantum akan mengatasi beberapa masalah yang telah mengganggu komputer konvensional: yaitu, mengikuti aturan secara berurutan dan merepresentasikan data sebagai serangkaian sakelar yang sesuai dengan 0 atau 1. Dengan menggunakan partikel subatomik, komputer kuantum akan memiliki kemampuan untuk mewakili sejumlah negara yang berbeda secara bersamaan. Partikel-partikel ini akan dimanipulasi oleh aturan probabilitas daripada keadaan absolut atau gerbang logika. Memanipulasi partikel subatomik kecil ini akan memungkinkan para peneliti untuk memecahkan masalah yang lebih besar, lebih kompleks, seperti menentukan sifat obat, melakukan perhitungan yang rumit, memprediksi kondisi cuaca dengan tepat, dan membantu desainer chip membuat sirkuit yang saat ini tidak mungkin kompleks.

    KOMPUTER OPTIK
    Ketika perancang chip mikroprosesor mencapai keterbatasan fisik yang mencegah mereka membuat chip lebih cepat, mereka mencari bahan lain untuk melakukan data melalui sirkuit listrik sistem komputer. Jika desainer dapat memanfaatkan foton untuk mengirimkan data, chip mikroprosesor yang lebih cepat bisa menjadi kenyataan.
    Perbatasan baru ini — komputasi optis — dapat memungkinkan komputer melakukan tugas pemrosesan paralel secara lebih efisien dan meningkatkan kecepatan dan kompleksitas komputer dengan memungkinkan mereka memproses miliaran bit secara bersamaan. Komputer optik mungkin menggunakan kabel serat optik, chip optik, atau jaringan optik nirkabel untuk memproses dan mengirimkan data.
    Kabel serat optik saat ini digunakan di banyak perusahaan. Menggunakan laser untuk mengirimkan miliaran bit data melalui kabel yang terbuat dari untaian tipis kaca yang dilapisi lapisan plastik. Sinyal dapat dibawa sejauh 40 hingga 60 mil. Perkembangan yang lebih baru - chip optik - dapat memotong biaya komunikasi optik dengan menggunakan teknologi Dense Wave Division Multiplexing untuk membawa lebih banyak informasi melalui serat. Ini akan memberi pengguna peningkatan bandwidth untuk menghubungkan ke Internet. Jaringan optik dapat digunakan untuk meningkatkan optik ruang bebas, pengiriman video, dan komunikasi suara.

    Source :

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728