Header Ads



  • Breaking News

    MICROSOFT EXCEL | DASAR

     PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL

    Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.  Software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja. Oleh sebab itu syarat utama untuk bisa menggunakan program aplikasi excel ini, komputer yang anda gunakan harus sudah terinstal sistem operasi (operating sistem) Windows atau Mac terlebih dahulu.

    Microsoft Excel adalah salah satu dari sekian banyak Program Aplikasi yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan angka.

    Jadi jika di dalam komputer Anda sudah Terinstal Office Word atau powerpoint, maka kemungkinan besar Office Excel juga sudah bisa Anda gunakan.

    Apabila anda bekerja dalam hal pengolahan angka maka aplikasi excel inilah yang tepat untuk anda gunakan. Namun, tentu tidak hanya itu saja sebab Excel memiliki banyak fitur dan fungsi yang juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya.

    Salah satu hal yang membuat aplikasi Excel cukup terkenal adalah kelengkapan  fitur Formulas dan Functions yang lebih kita kenal dengan istilah rumus excel.

    Formula dan fungsi ini digunakan untuk membantu anda dalam mengerjakan beragam proses perhitungan data secara cepat, tepat dan semi otomatis.

    Formula excel bisa anda gunakan dalam perhitungan yang sederhana sampai kalkulasi yang kompleks, baik untuk data berbentuk angka, data teks, data tanggal, data waktu, atau kombinasi dari data-data tersebut.

    Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja yang biasanya cukup kita sebut sheet saja. Jika workbook adalah sebuah buku maka worksheet adalah lembaran-lembaran kertas dalam buku tersebut.

    Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotak kecil-kecil berupa sel-sel (cells) tempat kita memasukkan data.

    SEJARAH MICROSOFT EXCEL

    Bagaimana sejarah perkembangan Excel?

    Microsoft Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985, namun hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh dan itupun masih hanya bernama Excel, tanpa Microsoft di depannya.

    Pada awal peluncuran Excel tersebut, microsoft sempat dituntut perusahaan-perusahaan lainnya yang juga bergerak pada bidang finansial yang juga mengeluarkan produk yang dinamai Excel. Pada akhir tuntutan itu Microsoft dikalahkan perusahaan tersebut dan barulah sepenuhnya berganti nama menjadi Microsoft Excel .

    Setelah penuntutan itu Microsoft tidak terlalu mengambil masalah itu, malah akhirnya pihak Microsoft membeli nama software dari perusahaan penuntut tersebut untuk memastikan tidak ada masalah persoalan nama Excel dikemudian hari.

    Pada tahun 1987, microsoft meluncurkan Excel untuk sistem operasi Windows yang dinamakan Excel versi 2.0. Microsoft Excel berhasil mendahului pesaing beratnya pada waktu itu untuk jenis aplikasi sejenis, yakni lotus 1-2-3 yang terlambat mengeluarkan versi windowsnya dan masih menggunakan MS-DOS.

    Pada tahun 1988, Excel akhirnya berhasil total menggeser pesaingnya itu dan menjadi salah satu software spreadsheet yang sangat populer dan handal dipasaran. 

    Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.


    Keberhasilan Microsoft ini membuat mereka selalu berkembang dan terus mengeluarkan versi-versi terbaru sampai sekarang.

    Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet.

    Bahkan, dalam versi selanjutnya Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua aktifitas yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas.

    VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA

    Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel.

    Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.

    Sampai versi 11.0 (Microsoft Excel 2003), Microsoft Excel masih memakai ekstensi .xls, namun mulai pada versi 12.0 (Microsoft Excel 2007) Microsoft Excel mengenalkan ekstensi baru yakni .xlsx yang dianggap lebih baik dari ekstensi sebelumnya. Sampai artikel ini di tulis microsoft excel masih menggunakan ekstensi .xlsx ini sebagai ekstensi defaultnya.

    Untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah microsoft excel ini, bisa baca artikel pada Wikipedia atau pada website resmi Microsoft Excel.

    PERKEMBANGAN VERSI MICROSOFT EXCEL

    Setelah membahas pengertian microsoft excel dan sejarah microsoft excel selanjutnya kita akan membahas perkembangan versi ms. excel dari waktu ke waktu.


    PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL UNTUK WINDOWS

    Berikut perkembangan microsoft excel dari awal sampai saat ini untuk versi Windows:
    Tahun 1987 - Microsoft Excel 2 (Versi 2.0)

    1.      Tahun 1990 - Microsoft Excel 3 (Versi 3.0)

    2.      Tahun 1992 - Microsoft Excel 4 (Versi 4.0)

    3.      Tahun 1993 - Microsoft Excel 5 (Versi 5.0)

    4.      Tahun 1995 - Microsoft Excel 95 (Versi 7.0)

    5.      Tahun 1997 - Microsoft Excel 97 (Versi 8.0)

    6.      Tahun 2000 - Microsoft Excel 2000 (Versi 9.0)

    7.      Tahun 2002 - Microsoft Excel 2002 (Versi 10.0)

    8.      Tahun 2003 - Microsoft Excel 2003 (Versi 11.0)

    9.      Tahun 2007 - Microsoft Excel 2007 (Versi 12.0)

    10.  Tahun 2010 - Microsoft Excel 2010 (Versi 14.0)

    11.  Tahun 2013 - Microsoft Excel 2013 (Versi 15.0)

    Tahun 2016 - Office Excel 2016 (Versi 16.0)


    FUNGSI DAN KEGUNAAN MICROSOFT EXCEL

     

    Jika pekerjaan atau aktifitas sehari-hari anda berkaitan dengan keuangan, maka excel akan banyak membantu mempermudah kehidupan anda.

    Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

    • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
    • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
    • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
    • Membuat berbagai macam grafik dan diagram
    • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan
    • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain
    • Melakukan analisa serta riset harga
    • Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas
    • Melakukan konversi mata uang
    • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.

    ·       MANFAAT MICROSOFT EXCEL


    Apa saja manfaat menggunakan Microsoft Excel?

    Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan anda. Manfaat menggunakan microsoft excel antara lain:

    1. Bidang Akuntansi

    Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

    2. Kalkulasi Matematis

    Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

    3. Pengelolaan Data

    Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

    4. Pembuatan grafik

    Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

    5. Operasi Tabel

    Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka anda tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.


    KELEBIHAN MICROSOFT EXCEL

    1. Organisasi Data

    Salah besar dari Excel adalah kemampuan untuk mengatur sejumlah besar data dengan teratur dimana spreadsheet mempunyai kelogisan dan grafik yang bagus. Dengan adanya data yang terorganisir maka akan mudah melakukan aanalisa data serta mencerna hasil pekerjaan terutama bila digunakan untuk membuat grafik dan presentasi data visual lainnya.

     

    2. Formula Excel

    Excel dapat menghitung angka-angka hampir seketika. Melakukan perhitungan dengan microsoft excel jauh lebih mudah daripada menggunakan kalkulator. Namun demikian hal ini tergantung pada pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Excel, seperti bagaimana menerapkan rumus-rumus excel yang digunakan untuk menghitung cepat suatu persamaan sederhana maupun rumit dengan menggunakan data dalam jumlah yang besar.

     

    3. Dukungan Pihak Ketiga

    Excel pada dasarnya dianggap sebagai standar terbaik untuk perangkat lunak spreadsheet dan dapat dinikmati pada sejumlah perangkat lain, termasuk smartphone dan tablet. Kebanyakan program spreadsheet lainnya juga memperbolehkan untuk mengimpor lembar Excel ke format asli mereka dan mengekspor spreadsheet mereka sendiri sebagai file Excel.

    4. Integrasi Dengan Microsoft Office

    Sebagai bagian dari Microsoft Office, Excel bekerja pada hampir setiap bagian lain dari perangkat lunak Microsoft Office. Spreadsheet pada Excel dapat dengan mudah ditambahkan pada Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi laporan dinamis dan lebih visual.


    KEKURANGAN MICROSOFT EXCEL

    1. Butuh Banyak Latihan

    Ketika hampir semua orang bisa menggunakan Excel dan mulai mengisi tabel dan mendapatkan manfaat penuh dari berbagai fiturnya, pengguna Excel masih membutuhkan banyak latihan agar mahir menggunakannya. Pengguna yang tidak terbiasa menggunakan sintaks atau cara penulisan rumus excel Excel dalam suatu perhitungan dan menggunakan fungsi lainnya, maka pengguna Excel akan menghadapi rasa frustasi atau kesal karena belum mempunyai pemahaman yang kuat.


    2. Kesalahan Perhitungan

    Ketika fungsi perhitungan otomatis Excel membuat kelompok perhitungan dalam jumlah yang besar terlihat, sebenarnya hal itu tidak tepat karena sebenarnya tidak benar-benar mudah.

    Hal ini dikarenakan program Excel tidak memiliki sarana untuk memeriksa kesalahan yang dibuat pengguna selama proses entri data, yang bisa berakibat pada timbulnya kesalahan informasi yang bisa menimbulkan masalah. Sebagai contoh adalah seperti yang dilaporkan Tim Worstall dari majalah Forbes, yang melaporkan bahwa JP Morgan kehilangan miliaran dolar karena kesalahan persamaan di Excel yang mereka gunakan.

     3.   Memakan waktu

    Memasukkan data secara manual ke Excel bisa saja membutuhkan waktu yang sangat lama, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien.

     

    4. Ongkos/biaya akses

    Menggunakan Microsoft Excel asli tidaklah gratis. Versi berbasis cloud dari Excel memerlukan langganan untuk Office 365, sedangkan edisi desktop dipatok dengan harga beli yang tidak murah terlebih untuk kalangan pengguna rumahan.


    BAGIAN-BAGIAN MICROSOFT EXCEL BESERTA FUNGSINYA (USER INTERFACE EXCEL)

    Setelah mengenal microsoft Excel sekarang kita akan berkenalan dengan user interface atau tampilan antar muka microsoft Excel. Mengetahui fungsi bagian-bagian microsoft excel ini penting supaya produktifitas kita dalam menggunakan excel menjadi lebih optimal.

    Semenjak dikenalkannya microsoft office Excel versi 2007, ada banyak perubahan dalam hal tampilan pada excel. Sedangkan pada versi-versi selanjutnya (excel 2010, excel 2013 dan yang terakhir excel 2016) hanya terdapat sedikit perubahan.

    START SCREEN PADA MICROSOFT EXCEL


    Semenjak versi excel 2013, microsoft mulai memperkenalkan startscreen atau tampilan awal seperti dibawah ini saat anda pertama kali membuka aplikasi microsoft office excel.





    Tampilan start screen ini di bagi dalam 2 panel.

    1.       Pada Panel Sebelah kiri akan anda temukan daftar dari file-file excel yang baru kita buka sebelumnya. Pada bagian kiri start screen excel ini juga akan kita temukan sebuah tombol atau menu Open Other workbooks ada ada dibagian bawah panel kiri ini. Menu ini bisa kita fungsikan untuk memilih file simpanan yang akan kita buka jika kita hendak membuka file yang tidak terdapat pada daftar file diatasnya.

    2.       Pada Panel sebelah kanan terdapat defaut template yang tersedia pada microsoft excel. Jika tempalte yang kita butuhkan tidak ada, kita bisa menggunakan kotak pencarian pada bagian atas untuk melakukan pencarian template excel dari database yang dimiliki oleh microosft excel secara online.


    Untuk membuka file baru klik/pilih pada daftar pertama yang bernama Blank Workbook. Selain memilih template blank workbook kita bisa juga menggunakan shortcut Ctrl + N untuk membuka file kosong baru.

    Pada microsoft office 2013, bagian start screen ini akan terbuka secara default saat kita membuka microsoft excel. Jika anda menghendaki langsung membuka Blank workbook, start screen ini bisa kita non aktifkan dengan cara membuka File--Options--General dan pada kelompok start up option hilangkan centang pada bagian Show the start screen when the application starts seperti yang bisa Anda lihat pada gambar berikut.

    Application Window Pada Excel


    Setelah berhasil membuka Blank Workbook maka anda akan mendapatkan tampilan aplikasi yang kurang lebih semacam dibawah ini.






    Beberapa bagian excel dari tampilan jendela aplikasi excel adalah sebagai berikut:

    1.       Quick Acces Toolbar

    Bagian ini memuat Buttons atau tombol-tombol menu umum yang sering kita gunakan. Tombol-tombol ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.

    2.       Ribbon

    Bagian ini merupakan kumpulan tombol perintah pada microsoft excel yang dikelompokkan dalam bentuk Tab berdasarkan fungsi-fungsinya mulai Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View. dan Tab Developper yang secara default disembunyikan. Pada masing-masing Tab dikelompokkan berdasarkan seri fungsinya. Misal pada Tab Home: Clipboard, Font, Alignment, dan seterusnya.

    3.       Formula Bar

    Bagian ini menunjukkan alamat cell yang aktif beserta isinya. Formula bar juga merupakan tempat dimana nanti kita akan menuliskan rumus atau formula excel.

    4.       Worksheet Area

    Sering disbut juga sebagai Workspace. Berisi kumpulan cell yang diidentifikasi berdasarkan kolom (Column) dengan simbol huruf A, B, C dst. dan baris (Row) dengan simbol angka 1, 2, 3 dst. Didalam cell inilah kita menyusun data-data sesuai kebutuhan.

    5.       Status Bar

    Bagian ini menunjukkan informasi status program Excel yang sedang berjalan. 



    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728