Header Ads



  • Breaking News

    MICROSOFT POWERPOINT | DASAR

     Cara Mudah Belajar Microsoft Power Point Bagi Pemula

     

    Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka yaitu Microsoft Office yang didalamnya berisi Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Aplikasi ini banyak digunakan oleh kalangan perkantoran, pebisnis, dosen, guru, mahasiswa dan orang-orang yang sering melakukan presentasi di depan audiens.

    Microsoft power point berjalan di komputer dengan sistem operasi MS Windows dan Apple Macintosh. Microsoft Powepoint merupakan bagian dari paket aplikasi Microsoft Office sehingga bila kita sudah menginstal aplikasi Microsoft Office maka didalamnya sudah termasuk aplikasi Power Point.

    Untuk menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint sebenarnya tidak terlalu susah. Menu-menu di dalamnya sangat mudah untuk digunakan. Yang diperlukan adalah ketekunan dan waktu yang cukup untuk mempelajari cara penggunaan Microsoft Power Point. Cara yang termudah belajar Powerpoint adalah dengan praktek langsung membuat presentasi sederhana.

    Sebagai panduan, silahkan ikuti langkah-langkah belajar PowerPoint yang akan diuraikan di bawah ini:

    1.  Masuk ke aplikasi Microsoft PowerPoint dengan mengklik  ikon PowerPoint yang ada di desktop. Bila Ikon PowerPoint tidak ada di desktop maka silahkan klik Start, klik Microsoft office kemudian cari aplikasi Microsoft Powerpoint.



    2.   Jendela Microsoft PowerPoint akan terbuka dan siap untuk digunakan. Pada halaman awal Power Point terdapat lembar kerja (slide) kosong seperti gambar di bawah. Sebelum memulai bekerja dengan PowerPoint, klik terlebih dahulu menu layout untuk memilih desain lembar kerja. Pilih desain sesuai dengan keperluan, misal kita pilih desain `Title and Content(panah no 2)



    3.    Setelah desain lembar kerja (slide) telah kita pilih, saatnya untuk mulai membuat presentasi. Klik  kursor di kolom`Click to add title`, kemudian tuliskan di sana judul presentasi. Misalnya "LOGAMEDIA". Kemudian Klik kursor di kolom`Click to add subtitle` dan isi dengan materi yang sesuai dengan judul. Kadang dalam presentasi perlu disisipkan gambar/foto/clip art untuk memperjelas pembahasan. Untuk memasukan gambar/foto/clip art, klik Menu Insert dan klik Picture. Kita akan dibawa ke kotak pencarian gambat yang ada di komputer. Cari gambar yang yang dikehendaki di penyimpanan komputer dan bila sudah ditemukan klik insert.



      4.    Setelah klik insert, gambar akan masuk ke dalam lembar kerja (slide). 



    5.    Bila lembar kerja (slide) halaman pertama telah penuh maka kita perlu halaman baru untuk melanjutkan pekerjaan. Klik New Slide, pilih desain lembar kerja yang sesuai kemudian klik di gambar yang dipilih.  





















    6.    Lakukan pengisian materi presentasi di lembar kerja (slide) kedua dan seterusnya sampai seluruh materi presentasi masuk ke dalam lembar kerja (slide).

    7.    Untuk memperindah tampilan presentasi, pilihlah desain lembar kerja (slide). Caranya klik Menu Design dan pilihlah desain yang cocok dengan cara meletakan kursor di contoh desain yang ada di bawah baris menu. Coba satu persatu sampai memperoleh desain yang cocok. Bila sudah mendapatkan desain yang cocok klik di lokasi gambar yang terpilih.













    8.    Selanjutnya kita masuk ke Menu Transition agar supaya presentasi lebih menarik ketika nanti di tampilkan di depan audiens. Klik Menu Transition dan pilih tipe transition. Coba satupersatu sampai menemukan transition yang cocok. Bila sudah ada yang cocok, klik salah satu.






















    9.    Selanjutnya kita masuk ke Menu Animations agar supaya presentasi lebih menarik ketika nanti di tampilkan di depan audiens. Klik di salah satu obyek kemudian klik Menu Animations dan pilih tipe Animation. Coba satupersatu sampai menemukan Animations yang cocok. Bila sudah ada yang cocok, klik salah satu. 













    10. Bila animasi untuk judul telah selesai dipilih, lakukan untuk bagian presentasi yang lain sehingga semua memiliki animasi.(caranya klik kursor di lokasi yang akan dibuatkan animasi, klik add Animations, kemudian pilih efek yang sesuai). Tanda bila tiap bagian telah berisi animasi adalah adanya kotak nomor di depan bagian tersebut. Bila semua pekerjaan telah selesai klik preview (panah di sebelah kiri) untuk melihat hasilnya.












     


    11. Simpan presentasi dengan mengklik menu FILE di kiri atas aplikasi PowerPoint dilanjutkan dengan pilih SAVE AS






















    12. Terakhir adalah melihat hasil pekerjaan dengan cara klik Menu Slide Show dan pilih Sub Menu from Begining.



    13. Layar akan berubah menjadi penuh (fullscreen). Buka presentasi dengan cara mengklik panah yang posisinya ada di sebelah kiri bawah. 

    \




















    14. Demikianlah cara pembuatan presentasi sederhana dengan menggunakan Microsoft PowerPoint. Lakukanlah berulang-ulang dengan cara memilih desain dan animasi yang berbeda-beda. Tidak ada hal yang sulit kalau kita mau mencoba.

     

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728