Header Ads



  • Breaking News

    BILANGAN BINER DAN HEKSADESIMAL (BERPIKIR KOMPUTASIONAL)



    Sistem bilangan merupakan suatu cara untuk menuliskan deret bilangan. Adapun definisi lain yang menyebutkan bahwa sistem billangan adalah sebuah proses sebagai wakil dari besaran berupa item fisik, sistem bilangan menggunakan suatu bilangan dasar atau basis tertentu.

    1.       BINER

    Istilah bilangan biner sering disebut juga dengan bit atau binari digit. Dalam penggunaannya, biasanya bilangan biner digunakan pada bidang digital atau segala hal yang membutuhkan peryataan “ya” dan “tidak”, “on” dan “off”, maupun ”buka” dan “tutup”.

    Nama lain dari biner adalah bilangan basis 2. Biner merupakan sistem bilangan yang hanya memiliki 2 angka, yaitu angka 0 dan 1. Jika dalam desimal, angka disebut dengan digit, maka dalam biner angka disebut dengan bit (binary digit). Contoh bilangan biner adalah 1101111, 1111001, dan lain-lain. Konsep cara menentukan nilai biner sama dengan desimal, hanya saja jika di desimal menggunakan perpangkatan angka 10, maka di biner menggunakan perpangkatan angka 2.

    Contoh penggunaan biner adalah ketika kita menyalakan saklar lampu. Apabila lampu menyala, maka nilai binarinya adalah 1 sedangkan apabila lampu mati, maka nilai binarinya adalah 0.

                a.    Konversi dari Biner ke Desimal

    Bilangan biner dapat dikonversi menjadi bilangan desimal dengan cara mengubah setiap bit menjadi bentuk desimal. Biner juga disebut sebagai bilangan basis 2.

                Position Value dalam sistem bilangan biner merupakan perpangkatan dari nilai 2 (basis 2), 
                seperti pada tabel berikut ini : 

    Misal : Diketahui sebuah bilangan biner dengan nilai 1011, maka cara mengkonversi bilangan biner menjadi bilangan desimal adalah… .

         b.     Konversi dari Desimal ke Biner

    Misal: Diketahui bilangan desimal 199, maka cara mengkonversi bilangan desimal menjadi biner adalah dengan membagi bilangan desimal dengan basis 2 (dibagi dengan angka 2).

    Hasil pembagian diperoleh dengan membaca sisa pembagian dari bawah keatas, sehingga diperoleh 19910 = 110001112.

     

    2.       Heksadesimal

    Heksadesimal adalah suatu sistem bilangan yang berbasis 16. Heksadesimal atau biasa disebut heksa merupakan sebuah sistem bilangan yang menggunakan 16 simbol. Berbeda dengan sistem bilangan desimal, simbol yang digunakan dari sistem ini adalah angka 0 sampai 9, diperbanyak oleh 6 simbol lainnya yang memanfaatkan huruf A sampai F. Sistem billangan tersebut berfungsi sebagai penampil sebuah nilai alamat memori dan pemograman computer.

                a.   Konversi dari Desimal menjadi Heksadesimal

    Misal:

    Diketahui bilangan desimal 199, maka cara mengkonversi bilangan desimal menjadi bilangan heksadesimal (basis 16) adalah dengan membagi bilangan desimal dengan 16 (basis 16)

          Dari table diatas, dapat disimpulkan bahwa 19910 jika dikonversi menjadi heksadesimal adalah C716

     

                 b.     Konversi dari Heksadesimal menjadi Desimal

                  Misal:

      Diketahui bilangan heksadesimal C7, maka cara mengkonversi bilangan heksadesimal 

      menjadi bilangan decimal adalah dengan menghitung hasil jumlah perkalian dengan 

      16 (basis 16).

     

     Position Value dalam sistem bilangan heksadesimal merupakan perpangkatan dari 

     nilai 16 (basis), seperti pada tabel berikut ini :


               c.     Konversi dari Heksadesimal menjadi Biner

    Untuk mengubah bilangan heksadesimal menjadi bilangan biner, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengubah bilangan heksa menjadi bilangan desimal terlebih dahulu.

    Misal:

    Diketahui bilangan heksadesimal C7, maka cara mengkonversi bilangan heksadesimal menjadi bilangan biner adalah

    -          Konversi bilangan heksadesimal menjadi bilangan desimal (poin ini sudah diselesaikan pada pembahasan poin b diatas)

    -          Hasil konversi bilangan heksadesimal menjadi desimal dikonversi lagi menjadi biner

     


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728