Header Ads



  • Breaking News

    Versi terbaru | WINDOWS 11 |

     


    Windows 11 adalah versi terbaru yang segera rilis dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Meski Microsoft mengklaim bahwa Windows 10 merupakan versi terakhir namun pihak perusahaan mengumumkan pada 24 Juni 2021 kemarin bahwa Windows 11 adalah penerus Windows 10 yang dirilis pada tahun 2015. Kehadiran Windows 11 juga  sebagai upgrade gratis ke perangkat Windows 10 yang kompatibel melalui Pembaruan Windows. Windows 11 itu sendiri dijadwalkan akan dirilis pada 5 Oktober 2021.

    Pada acara media 24 Juni, Microsoft juga mengumumkan bahwa Windows 11 akan dirilis pada "Liburan 2021", Rilisnya akan disertai dengan peningkatan gratis untuk perangkat Windows 10 yang kompatibel melalui Pembaruan Windows.

    Akhirnya pada tanggal 31 Agustus 2021, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 11 dijadwalkan untuk rilis pada tanggal 5 Oktober 2021. Rilis ini akan dilakukan secara bertahap, dengan perangkat baru yang memenuhi syarat akan ditawarkan peningkatan terlebih dahulu. Microsoft mengharapkan peluncuran akan selesai pada pertengahan 2022.  Sejak pendahulunya Windows 10 yang dirilis pada 29 Juli 2015 silam atau lebih dari enam tahun sebelumnya, bisa di katakan ini adalah rentang waktu terlama antara rilis berturut-turut sistem operasi Microsoft Windows, mengalahkan waktu antara Windows XP (dirilis pada 25 Oktober 2001) dan Windows Vista (dirilis pada 30 Januari 2007).

    Ini merupakan perilisan Windows besar pertama sejak 2015, dibangun di atas pendahulunya dengan mengubah antarmuka pengguna untuk mengikuti pedoman Desain Lancar Microsoft yang baru. Desain ulang, yang berfokus pada kemudahan penggunaan dan fleksibilitas, hadir bersamaan dengan produktivitas baru dan fitur sosial serta pembaruan keamanan dan aksesibilitas, mengatasi beberapa kekurangan Windows 10.

    Platform kolaborasi Microsoft Teams terintegrasi ke dalam antarmuka pengguna Windows 11, Microsoft mempromosikan peningkatan kinerja seperti ukuran pembaruan yang lebih kecil, penjelajahan web yang lebih cepat di "browser apa pun"

    Meskipun tidak dalam rilis pertama, rilis Windows 11 di masa mendatang akan memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Android ke perangkat mereka menggunakan Subsistem Windows untuk Android (WSA) dan Android Open Source Project (AOSP) baru. Aplikasi ini dapat diperoleh dari dalam Microsoft Store melalui Amazon Appstore. Fitur ini akan memerlukan akun Microsoft, akun Amazon, dan instalasi satu kali untuk klien Windows Amazon Appstore.[59][60][61][62] Pengguna juga dapat menginstal aplikasi Android melalui sumber apa pun menggunakan format file paket aplikasi Android (APK)


    Persyaratan sistem dasar Windows 11 berbeda secara signifikan dari Windows 10. Windows 11 hanya mendukung sistem 64-bit seperti yang menggunakan prosesor x86-64 atau ARM64; Prosesor IA-32 tidak lagi didukung. Dengan demikian, Windows 11 adalah versi konsumen pertama dari Windows yang tidak mendukung prosesor 32 bit dan perangkat lunak 16-bit (meskipun Windows Server 2008 R2 adalah versi pertama Windows NT yang tidak mendukungnya). Persyaratan RAM dan penyimpanan minimum juga ditingkatkan; Windows 11 sekarang membutuhkan setidaknya 4 GB RAM dan 64 GB penyimpanan. Mode S hanya didukung untuk Windows 11 edisi Home.[69] Mulai Agustus 2021, daftar prosesor yang didukung secara resmi termasuk Intel Core generasi ke-8 dan yang lebih baru, AMD Zen+ dan yang lebih baru, serta Qualcomm Snapdragon 850 dan yang lebih baru. Daftar kompatibilitas juga mencakup revisi "AF" dari prosesor Ryzen dan Intel Core i7-7820HQ (prosesor generasi ke-7), meskipun yang terakhir hanya didukung pada perangkat yang dikirimkan dengan driver berbasis DCH

    Perangkat dengan prosesor yang tidak didukung tidak diblokir untuk menginstal atau menjalankan Windows 11, namun penginstalan harus dilakukan dari nol karena Pembaruan Windows akan memblokir pemutakhiran dari Windows 10.  Selain itu, Microsoft telah menyatakan bahwa perangkat yang menggunakan prosesor yang tidak didukung dapat diblokir untuk menginstal pembaruan.

    BIOS lama juga tidak lagi didukung; sistem UEFI dengan Boot Aman dan koprosesor keamanan TPM 2.0 sekarang diperlukan. TPM khususnya telah menyebabkan kerancuan karena banyak motherboard yang tidak memiliki dukungan TPM, memerlukan modul TPM yang kompatibel untuk dipasang secara fisik ke motherboard, atau memiliki TPM built-in pada firmware CPU atau tingkat perangkat keras yang dinonaktifkan secara default yang memerlukan perubahan pengaturan di UEFI komputer untuk diaktifkan. Produsen peralatan asli masih dapat mengirimkan komputer tanpa koprosesor TPM 2.0 atas persetujuan Microsoft.

    Source : WIKIPEDIA

     

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728