Header Ads



  • Breaking News

    MESIN PENCARI | SEARCH ENGINE

    Mesin pencari web atau mesin telusur web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan wwwftppublikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritme kepemilikan dan basis data tertutup, diantaranya yang paling populer adalah safari Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka 

     

    Manfaat Mesin Pencari

    1.    Mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. Dan di antara mesin pencari yang ada, Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.

    2.      Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.

    3.   Sebagian besar (hampir 70%) pengguna mesin pencari tidak pernah klik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian, hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat suatu website memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.

    4.    Di negara-negara maju, porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.

    5.       Sebuah informasi yang mudah diakses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.

    6.       Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi di internet

     

    Beberapa Web yang berperan sebagai mesin pencari antara lain :

    1.       GOOGLE

    Google muncul pada akhir tahun 1997, di mana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, di mana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.

    Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang ada, namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google. Setelah Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu menerobos liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini



     

    2.      YAHOO

    Yahoo! raja direktori di internet, di samping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart berusaha menurunkan nya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini, telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga sehingga mudah untuk memasukinya, dengan demikian, mendapatkan sebuah daftar pada direktori Yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.

    pada tahun 2001, mesin pencari Google berkembang besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terhubung daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank) dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.




    3.       MICROSOFT BING

    Microsoft Bing (umumnya dikenal sebagai Bing) adalah mesin pencari web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Microsoft. Layanan ini berasal dari mesin pencari Microsoft sebelumnya: MSN Search, Windows Live Search dan kemudian Live Search. Bing menyediakan berbagai layanan pencarian, termasuk produk pencarian web, video, gambar dan peta. Ini dikembangkan menggunakan ASP.NET.

    Bing, pengganti Microsoft untuk Pencarian Langsung, diresmikan oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada 28 Mei 2009, pada konferensi All Things Digital di San Diego, California, untuk dirilis pada 3 Juni 2009. Fitur baru yang menonjol pada saat itu termasuk daftar saran pencarian saat kueri dimasukkan dan daftar pencarian terkait (disebut "Panel Jelajahi") berdasarkan teknologi semantik dari Powerset, yang diperoleh Microsoft pada tahun 2008.

    Pada Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan kesepakatan di mana Bing akan memperkuat Yahoo! .

    Pada Oktober 2011, Microsoft menyatakan bahwa mereka sedang mengerjakan infrastruktur pencarian back-end baru dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Dikenal sebagai "Tiger", teknologi penyajian indeks baru telah dimasukkan ke dalam Bing secara global sejak Agustus tahun ituPada Mei 2012, Microsoft mengumumkan desain ulang lain dari mesin pencarinya yang menyertakan "Sidebar", sebuah fitur sosial yang mencari jaringan sosial pengguna untuk informasi yang relevan dengan permintaan pencarian.



    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728